Saat sedang kurang nafsu makan, saya pasti langsung meluncur ke Sarinah untuk menikmati salah satu sajian kuliner favorit saya yaitu hidangan khas Manado.

 

Adalah Baku Dapa, gerai sajian Manado yang mengambil tempat di food court Sarinah yang berada di basement. Berbagai masakan tradisional Manado bisa Anda jumpai di sini. Ayam, ikan cakalang, ikan tude dan ikan tuna dimasak dengan berbagai varian seperti rica-rica, woku, dan lain-lain. Sambal dabu-dabu sudah barang tentu jadi menu wajib. Cemilan tradisional juga turut dijajakan, tapi saya belum pernah coba. Ada juga nasi goreng cakalang yang bisa dipesan selain masakan jadi yang saya sebutkan tadi.

Cakalang suwir, sayur kembang pepaya, dabu-dabu dan bakwan jagung. Itu kombinasi menu yang nyaris selalu saya pesan setiap ke sini. Agak sulitĀ untuk bisa dapat bakwan jagung. Kalau saya datang terlalu cepat, biasanya bakwan jagung belum matang. Sedangkan kalau terlambat, gorengan kesukaan saya ini sudah ludes terjual.

Harga makanan di Baku Dapa terbilang wajar untuk ukuran makanan di mal. Saya sendiri rasanya lebih ikhlas membayar mahal makanan asli Nusantara ketimbang di gerai kuliner asing. Porsi cakalang suwir yang diberikan di piring kita juga terbilang royal. Satu porsi paket lengkap itu dibanderol Rp 43.000, sedangkan jika tanpa bakwan jagung harganya lebih murah 3 ribu.

Soal rasa, jangan ditanya.Ā Dijamin bisa membuat bagoyang ngana pe lidah..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *