KPU DKI Jakarta sudah mengumumkan nama Tina Talisa sebagai host debat kedua cagub-cawagub pada Jumat (27/01/2017) besok. Akankah pesona Tina menenggelamkan para kandidat selayaknya Ira Koesno di debat pertama dua pekan lalu?

Dari hasil evaluasi yang dilakukan, KPU DKI Jakarta melakukan beberapa perubahan untuk debat kedua. Pertama, tema debat akan lebih dibatasi secara spesifik yaitu membahas reformasi birokrasi, pelayanan publik dan penataan kawasan perkotaan. Kedua, penambahan waktu menjadi 120 menit dari sebelumnya 90 menit. Sesi jeda komersial di luar perhitungan dua jam tersebut. Ketiga, memasangkan duet moderator dari kalangan jurnalis dan akademisi. Tina Talisa terpilih sebagai moderator bersama Eko Prasojo.

Dua orang ini diharapkan membuat suasana debat menjadi lebih dinamis. Tina akan memandu acara secara keseluruhan, sementara Eko bertugas menggiring substansi diskusi agar tidak keluar konteks. Efektif atau tidaknya pola duet ini baru bisa kita lihat pada event Jumat besok. Dari sisi kompetensi, kedua moderator ini sangat mumpuni. Tina yang melambung namanya bersama tvone, adalah mantan finalis Putri Indonesia 2003. Wajar kalau ia unggul dalam aspek brain, beauty dan behaviour. Selain berpengalaman sebagai jurnalis, Tina, yang 10 tahun lebih muda dari Ira, juga pernah menjadi dokter gigi sesuai dengan latar belakang pendidikannya.

Sementara Prof Eko, tak diragukan lagi kapabilitasnya dalam isu birokrasi dan administrasi publik. Pria 46 tahun ini pernah menjabat Wakil Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi. Eko juga tercatat sebagai guru besar termuda di Universitas Indonesia dengan usia 33 tahun saat dikukuhkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *