Di tengah perkembangan teknologi yang semakin cepat, setiap industri yang tidak mampu beradaptasi dengannya maka siap-siap akan terlindas. Demikian juga halnya dengan perbankan. Pelayanan kepada nasabah saat ini tidak lagi hanya dengan metode konvensional. Mobile banking dan internet banking kini merupakan kebutuhan.

BII Maybank resmi meluncurkan aplikasi mobile banking terbaru mereka, BII Maybank2U, Senin (14/9). Selain peluncuran produk, BII bekerjasama dengan Kompasiana juga menggelar acara diskusi panel bertajuk Mobile Banking Landscape & The New BII Mobile Banking. Salah satu pembicara, Hansal Savla (TNS Indonesia) memaparkan bagaimana strategisnya penggunaan perangkat mobile (baca : smartphone dan sejenisnya) dalam berbagai sektor bisnis.

Hansal juga menjelaskan betapa mobile banking di Indonesia terus bertumbuh, khususnya dalam setahun terakhir. Data yang ia punya menunjukkan, saat ini pengguna mobile banking sekitar 11 % dari total market. Walaupun masih di bawah rata-rata global yang mencapai 28 %, angka itu cukup baik karena meningkat jauh dibanding tahun lalu yang cuma 4 %.

BII Maybank membaca peluang ini dengan amat baik. Mereka berinovasi menghadirkan pelayanan berbasis mobile. Sebelumnya, BII juga sudah memiliki mobile banking bukan berbasis aplikasi melainkan melalui pemanfaatan layanan pesan singkat (SMS). Sedangkan BII Maybank2U adalah aplikasi mobile yang bisa digunakan di perangkat dengan platform Android maupun iOS (Apple). Secara singkat, tiga keunggulan yang ditawarkan adalah fast, powerful, and lifestyle.

“Generasi zaman sekarang sudah semakin terbiasa dengan aplikasi, bahkan untuk membuka Facebook saja mereka tinggal klik satu icon huruf F di handphone tanpa harus buka browser dan ketikkan www.facebook.com,” kata Dhany Oei Wirianto, CEO GDP Ventures Capital, yang turut hadir dalam acara tersebut.

BII Maybank2U hadir dengan berbagai fitur baru yang dijamin bakal memberi pengalaman berbeda bagi penggunanya. BII Maybank2u merupakan satu aplikasi yang dapat digunakan nasabah untuk mengakses semua portofolio bank secara pribadi, mulai dari tabungan, giro, deposito, kartu kredit hingga pinjaman, termasuk kredit tanpa agunan (KTA) dan kredit pemilikan rumah (KPR).

Fungsi dasar seperti cek saldo dan transfer  tentu saja bisa dilakukan melalui aplikasi ini. Selain itu, nasabah juga bisa mengetahui informasi kurs valuta asing, membayar berbagai tagihan (listrik, air, tv kabel, kartu kredit, dll), melakukan top up pulsa handphone serta melakukan simulasi pinjaman KPR.

Bagaimana dengan keamanannya? Nasabah tidak perlu khawatir. BII sudah mengantisipasi rawannya kejahatan siber yang semakin canggih. Maka fitur keamanan yang ditawarkan pun berlapis. Selain dengan TAC (Transaction Authorization Code), pengamanan juga diperkuat dengan fitur security image dan security phrase, yang berbeda antara satu nasabah dengan nasabah lain.

Sampai di sini, mungkin Anda masih bisa bilang “Semua aplikasi mobilekan begitu-begitu saja.” Tunggu dulu, BII Maybank2U punya satu fitur andalan yang belum dimiliki aplikasi mobile banking lain di Indonesia. Namanya Augmented Reality. Bagi Anda yang suka nonton film James Bond atau Mission Impossible mungkin sudah familiar dengan fitur ini walaupun digunakan dengan perangkat yang berbeda.

 

Kalau agen-agen detektif itu biasanya menggunakan kacamata, fitur Augmented Reality yang ditawarkan BII Maybank2U akan hadir di gawai kita. Angkat saja handphone kita dan arahkan ke sekeliling, maka akan muncul informasi di mana saja ada ATM BII terdekat. Selain itu, kita juga bisa tahu lokasi-lokasi promo yang bekerjasama dengan BII. Sebagai aplikasi yang didesain untuk memenuhi gaya hidup nasabah, selain menginformasikan program promo BII, BII Maybank2u juga terhubung dengan media sosial twitter @biifriends dan facebook BII Friends.

Dengan Augmented Reality, BII menghadirkan pengalaman mobile banking yang seru dan kekinian. Penasaran? Langsung deh ungguh BII Maybank2U di Google Play Store atau Apple Apps Store. Jangan lupa untuk registrasi di ATM atau kantor cabang BII. Kalau belum punya rekening BII, bikin aja biar bisa nyobain serunya pake BII MayBank2U.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *