Di awal tahun 2017 ini, Pemprov DKI Jakarta melakukan reorganisasi. Dengan diterbitkannya Peraturan Daerah Nomor 5 Tahun 2016 tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah, maka berubahlah struktur organisasi di lingkungan Pemprov DKI Jakarta.

Hari pertama kerja di bulan Januari 2017, tanggal 3 Januari kemarin ditandai dengan kegiatan seremonial besar di Monas, Jakarta Pusat. Plt. Gubernur Sumarsono melantik dan/atau mengukuhkan 5.041 orang yang terdiri dari 94 pejabat Eselon II, 898 pejabat Eselon III, dan 4.049 pejabat Eselon IV. Jumlah ini sudah dirampingkan 15.57% atau 952 jabatan dari jumlah sebelumnya.

Saat ini jumlah Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di Provinsi DKI Jakarta tinggal 42, dari sebelumnya 53. Konsekuensinya ada SKPD yang dihapus, digabung, dimekarkan atau sekadar berubah nomenklatur (nama). Jangan bingung kalau Anda sekarang tidak akan menemukan lagi Dinas Kebersihan ataupun Dinas Pertamanan dan Pemakaman. Keduanya telah ganti baju jadi Dinas Lingkungan Hidup dan Dinas Kehutanan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *